SEDEKAH RUTIN Meski Gaji Pas-Pasan

KENAPA HARUS RUTIN ? Sedekah dari harta yang kita punya tidak harus bernilai besar, yang penting adalah konsisten dan Istiqomah dalam pelaksanaannya.

Allah mencintai amalan-amalan yang rutin serta berkelanjutan meskipun secara jumlah hanya sedikit. Contoh: sedekah, jika dilakukan secara rutin Allah SWT lebih disukai walaupun tidak banyak.

“Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang berkelanjutan walaupun itu sedikit.” (H.R Muslim)

Tidak mengapa jumlahnya sedikit apalagi lagi yang kita  sedekahkan yang terbaik dari yang kita punya. Allah Maha Mengetahui dan Maha melihat ketulusan dan kelurusan niat kita. Rutinkan walau sedikit.

Tapi, bagaimana kalau gaji kita pas-pasan? Belum kebutuhan bulanan yang semakin mahal dan cicilan yang belum selesai? Jangan jadikan semua itu sebagai alasan untuk tidak sedekah, ya! Tak perlu menunggu sampai kaya, berikut cara membiasakan bersedekah walau gajimu masih pas-pasan.

  1. Jika tak sempat memasak sendiri, kamu bisa membeli sebungkus nasi setiap makan siang, dan memberikan nasi tersebut untuk orang tak mampu di jalanan. Hal Mudah Ini Membantumu Bersedekah Rutin Meski Gaji Pas-Pasan. Memberikan paket nasi dengan lauk sederhana (sayur dan tempe goreng), seperti terdengar sepele dan harganya pun murah meriah, bahkan kurang dari sepuluh ribu. Tapi perlu kamu sadari, tidak semua orang bisa menikmati makan seperti itu.Dengan bersedekah makanan pada pengemis, anak jalanan, atau tukang becak, dan lain-lain,  niscaya akan membuat mereka bersyukur atas rejeki yang didapat dari Allah SWT. Kamu pun turut mengucap syukur kepada Allah SWT karena masih sanggup berbagi untuk orang lain.
  2. Mukena semasa kecilmu sudah tidak cukup? Punya Alquran dirumah yang tidak terpakai karena jumlahnya terlalu banyak? Ada karpet yang dirasa sudah tidak diperlukan? Sumbangkan saja itu ke mushola atau masjid. Pasti seseorang akan membutuhkannya dan menggunakannya suatu saat. Hal Mudah Ini Membantumu Bersedekah Rutin Meski Gaji Pas-Pasan
  3. Belilah sandal jepit baru seharga Rp10 ribuan. Ini juga akan bermanfaat untuk diletakkan di dekat tempat wudhu. Hal mudah Ini Membantumu Bersedekah Rutin Meski Gaji Pas-Pasan. Kadang, seseorang lupa membawa sandal jepitnya saat hendak berwudhu. Dengan menyediakan sandal jepit di sekitar area wudhu, sedekahmu bisa bermanfaat meskipun harga barangnya tidak seberapa.
  4. Beli sabun, cairan pel, sapu, atau kemoceng mungkin terdengar sederhana. Namun jika diberikan untuk kepentingan tempat ibadah, nilainya tak terkira. Hal mudah Ini Membantumu Bersedekah Rutin Meski Gaji Pas-Pasan. Tempat ibadah juga perlu selalu dibersihkan agar bersih dari Najis dan juga untuk kenyamanan ibadah puluhan bahkan ratusan umat lain. Kebersihan sebgaian dari Iman.
  5. Sebentar lagi bulan puasa tiba, belilah air mineral kemasan gelas. Bagikan pada mereka yang ingin berbuka. Hal mudah Ini Membantumu Bersedekah Rutin Meski Gaji Pas-Pasan. Tidak harus merogoh kocek terlalu dalam, cukup sebesar Rp500 saja, lebih dari seteguk air segar bisa dinikmati untuk berbuka. Cobalah membeli sekardus dan dibagikan pada pengendara di jalan saat sirine berbuka terdengar. Niscaya pahalamu sedekahmu bertambah.
  6. Uang receh yang didapat dari kembalian belanjaan, biasakan masukkanlah ke kotak amal. Memang tidak seberapa, tapi manfaatnya luar biasa. Hal mudah Ini Membantumu Bersedekah Rutin Meski Gaji Pas-Pasan. Kamu pasti sering mendapat kembalian uang receh (koin) dan enggan membawanya? Atau sering merasa uang receh kurang berguna? Kenapa tak disumbangkan saja ke kotak amal? Toh, biasanya kotak amal sangat mudah ditemukan seperti di masjid, mushola, rumah makan, kafe, toserba dan tempat-tempat lainnya. Jika dihitung dalam sebulan, uang receh yang kamu dapatkan lumayan banyak. Artinya, yang kamu sedekahkan pun cukup berarti.
  7. Kumpulkan selimut atau beli obat nyamuk untuk korban bencana boleh dicoba. Mereka bisa istirahat nyaman di barak pengungsian. Hal mudah Ini Membantumu Bersedekah Rutin Meski Gaji Pas-Pasan. Bencana alam selalu datang tiba-tiba. Jika ingin membantu namun dana minim, cobalah kamu kumpulkan kain atau selimut dari rumahmu dan kawan-kawan serta belikan juga obat nyamuk bakar atau lotion anti nyamuk. Dengan cara ini, para korban bencana bisa beristirahat dengan nyaman meski di pengungsian.
  8. Kumpulkan video edukasi dan serahkan ke lembaga/komunitas anak, hal ini akan membuat mereka semakin pintar dengan cara menyenangkan. Cara Ini Membantumu Bersedekah Rutin Meski Gaji Pas-Pasan. Kamu bisa membuat CD/DVD sendiri dengan tema tertentu. Misalnya, tentang fenomena alam di langit, Kebesaran dan Kuasa Allah SWT. Lantas, kamu mengunduh videonya dari internet. Setelah dirasa cukup, bakar (burn) ke dalam CD/DVD. Lalu, bagikanlah ke lembaga atau komunitas yang peduli terhadap anak-anak. Pasti mereka sangat senang dan antusia menontonnya.
  9. Bersedekah tak selalu harus uang & barang. Kamu juga bisa bersedekah lewat tenaga dengan jadi relawan kegiatan sosial. Hal mudah Ini Membantumu Bersedekah Rutin Meski Gaji Pas-Pasan. Misalnya, bergabung dalam sebuah komunitas anak di mana kamu bertugas mengajar membaca, menulis, dan berhitung untuk anak-anak jalanan.

Jadi, ada banyak cara untuk bersedekah ? Tak perlu menunggu kaya demi bersedekah. mulailah lakukan dari sekarang semampumu dan dengan niat yang tulus semata-mata karena Allah SWT. Niscaya, sedekahmu bermanfaat. Hatimu pun bahagia.

Rasulullah SAW menyebutkan  bersedekah adalah bukti kejujuran dan keikhlasan akhlak seorang muslim, seperti  dalam hadits :

Abu Malik Al-Harits bin ‘Ashim Al-Asy’ari RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Kesucian itu sebagian dari iman, dan kalimat alhamdulillah memenuhi timbangan. Kalimat subhanallah dan alhamdulillah memenuhi ruang yang ada di antara langit dan bumi. Shalat itu cahaya, sedekah itu bukti, sabar itu cerminan, Al-Qur’an itu hujjah yang akan membela atau menuntutmu. Setiap manusia bekerja. Ada yang menjual dirinya, ada yang membebaskan dirinya, dan ada pula yang menghancurkan dirinya.” (HR. Muslim)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top